Sunday, 1 October 2017

Satuan Layanan Informasi Bidang Belajar Forex


Topik Permasalahan. Pengenalan BK Kompetensi Dasar. Agar siswa mampu mengenal BK sehingga bersedia dengan sukarela untuk berkonsultasi masalah yang sedang dihadapi dengan guru BKpraktikan Jenis Layanan. Layanan orientasi Fungsi Layanan. Pemahaman Tujuan. 1. Menjelaskan pengertian Bimbingan Dan Konseling 2. Menuebutkan empat bidang bimbingan als konseling 3. Mengetahui jenis-jenis layanan Sasaran Layanan. Siswa Kelas X Uraian Kegiatan 1. Strategi Penyajian. Klasikal, Ceramah dan Diskusi. 2. Materi. Pengenalan Bimbingan dan Konseling Tempy Penyelenggaraan. Ruang Kelas Penyelenggara Layanan. Guru Pembimbing Waktu 1 x 45 menit Einstellung als Pengalaman Belajar 1. Guru. Mengabsen siswa (5 menit) Aufwärmen (5 menit) Penjelasan tentang Pengertian Ciri diri (25 menit) Diskusi (10 menit) Penutup (5 menit) Siap menerima materi Mendengarkan Aufwärmen, penjelasan tentang tujuan dan materi Pihak-pihak yang disertakan. Siswa kelas 10 Alat dan Perlengkapan. Absensi siswa Spidol Buku Sumber. 1. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling 2. BK di Sekolah Rencana Tindak Lanjut. Konsultasi dan Diskusi Kelompok Drs. M.Bakara NIP. 195909224 199003 1002 Bandar Lampung, 82308230823082308230823082308230823082308230..2010 BK Guru Pembimbing, Mengetahui Kepala SMK Negeri 2 Bandar Lampung Ramli Jumadi S. Pd. ST. NIP. 19570929 198103 1013 PENGENALAN BIMBINGAN DAN KONSELING Bimbinganische adalah proses pemberian bantuan kepada sesorang agar ia mampu memahami diri, menyesuaikan diri, dan mengembangkan diri (3 M) Sehemen mencapai kehidupan yang sukses dan bahagia. Konseling Adalah Proses Pemberian Bantuan Yang Verdammung Melalui Wawancara Oleh Seorang Konselor Terhadap Individu Guna Mengatasi Suatu Masahah Atau Mengoptimalkan Potensi Yang Dimiliki. Kegiatan bimbingan konseling mencakup 4 bidang: 1. Bidang Pribadi Layanan bimbingan diberikan kepada siswa untuk menemukan dan mengembangkan diri pribadi sehingga menjadi pribadi yang mantap dan mandiri. Di bidang ini juga membahas masalah-masalah pribadi 2. Bidang Sosial Layanan Bimbingan diberikan kepada siswa untuk mengenal lingkungannya sehingga mampu bersosialisasi dengan baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab. 3. Bidang Belajar Layanan Bimbingan Yang diberikan kepada siswa untuk dapat membentuk kebiasaan belajar yang baik. 4. Bidang Karier Layanan bimbingan kepada siswa yang merencanakan dan mengembangkan masa depan, berkaitan dengan dunia pendidikan dan dunia kerja Jenis layanan bimbingan konseling mencakup 7, yaitu: 1. Layanan Orientasi Layanan diberikanisch pada siswa untuk dapat lebih mengenal lingkungan sekolah yang baru dimasuki. 2. Layanan Informasi Layanan kepada siswa tentang berbagai hal yang diperlukan untuk tugas dan kegiatan sekolah. 3. Layanan Penempatan Penyaluran Membantu dalam menempatkan siswa pada bagian yang sesuai dengan bakat dan minatnya. 4. Layanan Pembelajaran Membantu siswa mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang efektif dan penuh makna. 5. Layanan Konseling Individu Tatap muka antara konselor dan klien masalah pribadi. 6. Layanan Konsling Kelompok Layanan untuk kelompok einzeln yang memiliki masalah yang sama. 7. Layanan Bimbingan Kelompok Layanan Yang diberikan kepada sekelompok siswa yang baik yang memiliki masalah ataupun tidak. Sikap geistig positif yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam belajar: Belajar hendaknya diarahkan pada suatu cita-cita tertentu. Cita-cita yang diperjuangkan dengan berbagai kegiatan belajar itulah yang hendaknya menjadi tujuan setiap siswa. Tujuan belajar yang bersambung dengan cita-citas masa depan akan menjadi pendorong untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Tanpa Motiv tertentu semangat belajar seorang siswa akan mudah padam karena ia tidak merasa mempunyai kepentingan yang harus diperjuangkan dengan jalan belajar. 2.Minat terhadap pelajaran Setelah mulai belajar, seorang siswa hendaknya menaruh minat yang sebesar-besarnya terhadap pelajaran yang diikuti. Minat itu tidak hanya ditujukan pada satu atau dua mata pelajaran yang pokok saja, melainkan terhadap semua pelajaran. Suatu mata pelajaran hanya dapat dipelajari dengan baik apabila siswa dapat memusatkan perhatianischen terhadap pelajaran tersebut. Dan Minat Merupakan salah satu faktor yang memungkinkan dapat konsentrasi dengan baik. 3.Kepercayaan Pada Diri Sendiri Setiap siswa harus yakin ia mempunyai kemampuan untuk memperoleh hasil yang baik dalam usahanya. Dengan mempunyai kepercayaan pada diri sendiri, akan dapat mengikuti als mengerti pelajaran-pelajaran dengan baik. Yang memulai suatu pelajaran itu banyak, tetapi yang dapat bertahan dan mencapai hasil yang optimale pada akhirnya hanyalah sedikit. Beginen pula dalam belajar, banyak siswa yang sekolah tetapi yang dapat mencapai hasil yang maksimal hanyalah beberapa siswa saja, untuk itulah dibutuhkan keuletan, karena dengan keuletan seorang siswa akan berani menghadapi segala permasalahan dan tidak mudah putus asa. Untuk memuuk keuletan, seorang siswa hendaklah selral menganggap setiap persoalan atau permasalahan yang muncul sebagai suatu tantangan yang harus diatasi. BIMBINGAN DAN KONSELING

No comments:

Post a Comment